RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
Nama Sekolah : SMK Ibu Kartini Semarang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X / genap
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
Kompetensi Dasar : Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun
Indikator : Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat di lihat dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
B. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari kaidah bahas, nalar dan ketersampaian pesan
- Siswa mampu membedakan kalimat yan komunikatif tetapi tidak cermat dengan kalimat yang tidak kounikatif tetapi cermat.
C. Materi Pembelajaran
- Pengertian kalimat.
Kalimat adalah saatuan bahasa yang secara relative berdiri sendiri, mempunyai intonasi final dan secara factual atau potensial terdiri atas kata.
Contoh : a. Bu Halimah sangat ramah.
b. Karim membeli burung merpati
c. Pak Togar berwajah garang
- Kalimat efektif yaitu kalimat yang singkat, padat, jelas, dan komunikatif
Contoh : a. Para pramuka-pramuka mendirikan tenda untuk berkemah (salah)
Para pramuka mendirikan tenda untuk berkemah (benar)
b. Mobilnya pak Amir rusak setelah menabrak pohon. (salah)
Mobil pak Amir rusak setelah menabrak pohon. (benar)
- Kalimat yang komunikatif yaitu bahasa yang kita sampaikan sudah mampu mengemban maksud sesuai dengan harapan kita. Pembicaraan pembicara dapat ditafsirkan jelas oleh pendengar.
Contoh : a. kita besok senin akan mengadakan upacara.
b. Aku tak menyangka dia berbuat securing itu.
- Kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat.
Kalimat yang komunikatif apabila kalimat tersebut dapat di pahami oleh pendengar dengan benar.
Kalimat yang cermat yaitu kalimat tersebut memenuhi kaidah bahasa yang bersifat logis atau bernalar.
Contoh : Saya tidak paham kau yang bicarakan
Pada kemana anak-anak itu ?
D. Metode Pembelajaran
Demonstrative
Tanya jawab
Penugasan
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan awal (10 menit)
· Salam
· Mengecek kehadiran siswa
· Apersepsi pelajaran
2. Kegiatan inti (30 menit)
· Siswa mendengarkan materi dari guru
· Siswa memahami contoh-contoh kalimat
· Siswa mengetahui syarat-syarat kalimat yang komunikatif
· Siswa mengetahui contoh-contoh kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat
3. Kegiatan akhir (5 menit)
· Mengevaluasi serta memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya
· Menutup pelajaran
F. Media / Sumber Pembelajaran
- Buku LKS Bahasa Indonesia untuk SMK Kelas X terbitan MGMP Kota Semarang.
- Seni menyusun kalimat (M.G Puji Rastuti)
- LCD (power point)
G. Penilaian
Jenis tagihan :
- Penilaian proses
Mengamati aktifitas peserta didik selama KBM
- Penugasan
Buatlah kalimat efektif
Buatlah kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat
Bentuk instrumen :
- Uraian bebas
1. soal lisan
a. siapa yang mengetahui pengertian kalimat, kalimat efektif,kalimat komunikatif yang tidak cermat?
b. siapa yang bisa membuat kalimat efektif,kalimat komunikatif yang tidak cermat?
2. soal tertulis
a. Berangkat pukul tujuh sekolah sudah terlambat.
b. Saat ketika hujan turun terjadi tabrakan
Semarang, 22 Januari 2010
| ||
Mengetahui,
Guru Pamong
Siti Markhamah, S. Pd
|
Mahasiswa Praktikan
Meta Winanto
NPM. 06410205
|
No comments:
Post a Comment