Tuesday 14 October 2014

Cara modifikasi USB extender plus charger hp

Halluuww para sobet blogger. Lama gag ngutak ngatik blog neh, dan sekarang kembali lagi buat nambah ilmu para blogger :D gag tau berguna apa enggak yang penting niatnya.. hehe
Sebelumnya pernah nggak sobat blogger kebingungan cari signal modem agar bisa ineternetnya ciuuuwuusshhh… wussshhh hehe..biar bisa full bar gitu sinyalnya. Kalo pernah berarti senasip sependeritaan (cie ileeh).
Akhirnya dapat saran dari temen katany suruh pake kabel USB extender. Enggak langsung percaya,  saya langsung pinjem dulu kabel extender temen ane, dan ternyata setelah saya coba... ajiibbb. Akhirnya, dengan sangat berat hati karena sinya modem Cuma 1bar dan kualitas  internet yang  le to the mot (lemot) saya putuskan jalan jalan sama mbah google menyusuri blog – blog buat cari info harga kabel USB extender. Setelah muter muter akhirnya dapat rekomendasi juga tentang harga kabel usb extender. Udah dapet recommended dari salah satu blog, akhrnya tanpa pikir panjang cabut buat beli kabel usb. Nggak tanggung2 akhirnya beli yang 10 meter dengan harga 50rb (harga di SMG).
Sampe dirumah ane coba tuh kabel USB, enggak sabar pengen dapet sinyal yang bagus..hehehee.. tapi setelah dipasang modem apa yang terjadi pemirsah ….? Ternyata Modem gag konek … aaarrgghhh…bukannya dapet jalan keluar malah tambah bikin esroti, eh, emosi … Usut punya usut ternyata tidak semua kabel USB extender mempu menghantarkan tegangan dengan baik. Biasanya kabel usb extender yang terlalu panjang akan kehilangan supplay daya atau tegangan ke modem dan mengakibatkan modem mati hidup, mati hidup… (mati suri donk :p). memang ada benernya juga. Soalnye kabel extender punya temen yang saya pinjam cuma yang 1,5 meter.
Dari pada dibuang sayang, 50rb bro… akhirnya saya modifikasi kabel tersebut dengan charger hendpong. Karena pada dasarnya daya yang mengalir pada kabel extender akan mengalami kerugian arus disepanjang kabel tersebut hingga sampai ke modem atau flshdisk dan kawan-kawannya. Maka sebagai ganti arus yang berkurang digunakanlah charger handpong dengan daya 5V.
Oke sampailah kita pada tahap perakitan…tenang , ga perlu grogi. Cara ini gag ribet kok. Nggak usah buat rangkaian atau apapun. Yang dibutuhkan hanya niat, kemauan,udah bisa ngebedaiin warna, memotong dan menyambung (kayak pelajaran TK aja,,hehehe :D). untuk itu siapkan alat dan bahannya dulu yaitu :
  1. Niat dan keyakinan
  2. Berdoa
  3. Kabel USB Extender
  4. Charger handpone
  5. Peralatan penunjang ( silet, isolatip, gunting dkk)
  6. Solder dan kawannya (bagi sobat yang bisa pake solder)
Sebelumnya perhatikan dulu info berikut.  Dalam kabel Usb extender terdapat 4 kabel dengan berbagai warna. Warna merah untuk daya 5V. Warna hitam untuk Ground. Warna putih untuk data (+). Warna hijau untuk data (-).

Langkah pertama siapkan mental dan niat andak untuk memotong, menggunting kabel seharga 50rb itu, lalu berdoa agar diberi kemudahan dan kesuksesan.. amin…
Ambil kabel Usb extender yang akan dioperasi. Kupas kabel luar  pada colokan ke PC/laptop sehingga terlihat serabut-serabut, setelah itu ambil gunting atau silet. Potong kabel warna merah (daya 5V) setelah itu rapikan kembali dengan isolatip. Mudah bukan… Tapi  belum selesai kakaaaa :D
(gambar)
Langkah selanjutnya kita beralih ke ujung colokan ( yang terhubung ke Modem dsb.). sama seperti sebelumnya. Kupas kabel luar pada kabel extender pada bagian colokan modem danlain-lain. Lalu bersihkan serabut-serabut. Setelah itu, potong kabel warna merah dan kupas sedikit kabel warna hitam.



Persiapkan charger handphone dengan daya 5V. Potong kabel pada bagian konektor charger. Langkah selanjutnya sambung kabel merah dan hitam pada Usb extender dengan Charger hape tersebut

 Lalu solder dengan rapi untuk memperkuat sambungan. Setelah itu balut dengan selotip agar tidak terkena cairan atau sejenisnya. Terlebih lagi jika di taruh di luar rumah, maka solatip yang rapi agar tidak terkena air hujan… taaaaarrrrrraaaaaa… finish. Kabel Usb extender dengan modifikasi charger handphone siap digunakan.

(gambar rangkaian)

NB : untuk yang tidak bisa menggunakan solder, cukup dipelintir dengan pelan setelah itu solatip dengan rapi…. Selamat berkarya para sahabat blogger. Semoga tulisan ini bermanfaat. Amin.

2 comments: